Alasan masuk humas dan alasan menulis itu penting

Alasan saya memilih humas/Public Relations yaitu :

1. Berani berbicara di depan umum
    
    Salah satu kelebihan mahasiswa Public Relations yaitu berbicara di depan banyak orang/bertemu orang banyak. Karena di prodi Public Relations ini mahasiswa dilatih untuk bisa berbicara di depan umum dalam mata kuliah Public Speaking. Mereka dituntut untuk berani memberikan informasi kepada banyak orang. Misalnya seperti wartawan atau Master of Ceremony (MC) di suatu acara. Oleh karena itu alasan saya memilih prodi ini untuk belajar tentang Public Speaking.

2. Bisa menulis dengan baik dan benar
    
    Di prodi humas ini, mahasiswa mendapatkan mata kuliah Jurnalistik dan Penulisan Naskah Humas. Di mana mereka dilatih untuk bisa menulis dengan baik dan benar. Dengan teknik 5W+1H. Selain ingin belajar tentang Public Speaking, saya juga ingin belajar untuk bisa menulis dengan baik dan benar.

3. Mendapatkan banyak teman
    
    Di prodi humas ini, tentunya kita akan berhubungan banyak dengan orang lain dan pastinya akan mendapatkan banyak relasi untuk bisa mengembangkan diri.

4, Menjadi pribadi yang lebih percaya diri

 

    Mahasiswa Public Relations ini mereka akan lebih mendapatkan banyak tugas yang berhubungan dengan presentasi, misalkan Public Speaking. Dengan begitu mahasiswa yang mengambil prodi ini tentunya akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi.

 

5. Public Relations pasti dibutuhkan di mana pun.

 

    Alasan lain saya memilih Public Relations ini karena seorang Public Relations pasti dibutuhkan di mana-mana, karena kemampuan mereka berkomunikasi serta skill menulis mereka yang mereka dapatkan ketika di bangku kuliah.

 

6. Merasa tertantang

 

    Alasan terakhir saya memilih humas ini karena diri saya tertantang. Jujur prodi ini bertolak belakang dengan karakter dalam diri saya. Saya bisa dibilang introvert yang suka menyendiri, bukan berarti tidak suka ke luar, tapi saya lebih nyaman ketika sendiri. Karena itulah saya memilih prodi ini untuk bisa mengubah karakter saya, agar saya bisa lebih terbuka ke orang lain.



Alasan menulis itu penting

  Kalau bagi saya, menulis itu bentuk ekspresi diri. Sebagai orang yang tidak suka banyak ngomong,  
menulis bisa menjadi media bagi saya untuk menekspresikan diri. Saya jadi lebih leluasa untuk menuangkan curhatan serta ide-ide gila saya ke dalam suatu tulisan.

 

Dengan kita menulis-pun, kita bisa berbagi pengalaman kita yang kelak bisa memotivasi orang lain. Bisa jadi apa yang kita alami sama seperti yang orang lain alami, kita sudah bisa survive dari pengalaman kita sedangkan orang lain belum bisa. Itulah pentingnya menulis agar kita bisa saling berbagi pengalaman.

 

Menulis-pun bisa menjadikan imajinasi serta kreativitas kita semakin tajam, dengan menulis, secara tidak langsung kita menuangkan isi pikiran kita ke dalam suatu tulisan, di mana itu bisa melatih jiwa kreativitas dan imajinasi kita. Semakin banyak menulis, semakin tajam pula kreativitas dan imajinasi kita yang tentunya akan membuat diri ini bisa berkembang lebih jauh lagi.

 

Menulis itu bisa juga menciptakan kenangan, kita bisa menulis tentang keseharian kita setiap harinya, kita makan apa, ada kejadian apa di hari itu, berapa banyak tugas yang telah kita kerjakan, ngapain aja kita hari itu, semua itu bisa kita rekam jejaknya melalui tulisan. Jika kita hanya mengingatnya, ingatan kita semua ini terbatas. Dan manusia sering salah, oleh karena itu menulis sangat cocok dijadikan sebagai rekam jejak perjalanan kita agar di masa depan jejek perjalanan kita tidak hilang. Kita kelak bisa melihatnya kembali, bisa menceritakan ke teman- teman, keluarga, maupun ke anak kita sendiri. Kita pasti akan bahagia melihat rekam jejak kita sendiri di masa lalu, mungkin terlihat alay ketika kita melihat tulisan kita di masa lalu, tapi percayalah, dengan menulis, rekam jejak perjalanan kita bisa kita kenang kembali.

 

Ketika kita menulis secara terus-menerus, dan konsisten kemudian tulisan kita banyak dibaca oleh orang dan kemudian orang-orang menyukai tulisan kita, secara tidak langsung hal tersebut membuat kita mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Pujian dari orang lain membuat diri kita makin semangat untuk menulis. Menulis bisa juga membangun kepercayaan diri.

 

Menulis bisa membuat kita menjadi bahagia, sebab kita bisa menuangkan segala rasa kita ke dalam tulisan. Kita bisa dengan leluasa untuk bercerita melalui tulisan. Kita juga bisa menuangkan curhatan kita ke dalam tulisan, di saat kita sedih pun bis akita lampiaskan ke dalam tulisan. Oleh karena itu, menulis bisa membuat diri kita menjadi lebih bahagia.




                     

Comments